Ini Dia Tips Memilih Ukuran Baju Ketika Belanja Online

Sebagian dari kita mungkin sudah sering belanja online. Termasuk belanja baju online. Akan tetapi, mungkin diantara kita ada masalah mengenai ukuran baju saat belanja online. Sebab, ketika kita belanja baju online, otomatis kita tidak bisa mencoba baju yang akan kita beli tersebut. Lalu, bagaimana sih cara memilih ukuran baju yang pas ketika belanja online?

Nah, kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai tips memilih ukuran baju saat belanja online. Gunanya adalah agar kita lebih berhati-hati saat belanja online, terutama saat memilih ukuran baju. Sebab, tidak akan lucu bukan apabila kita sudah membeli baju mahal secara online, akan tetapi baju yang kita beli ternyata kebesaran atau kekecilan.

Oke. Langsung saja, berikut tips memilih ukuran baju ketika belanja online dari saya.

1. Baca Deskripsi

Hal pertama yang harus kita lakukan saat belanja baju online adalah membaca deskripsi produk dari penjual. Di situ biasanya diterangkan secara gamblang mengenai detail produk. Jika baju, biasanya penjual juga mencantumkan detail ukuran dari baju yang mereka juga. Akan tetapi, ada pula sebagian penjual yang tidak mencantumkan detail ukuran baju yang mereka jual.

Nah, apabila di deskripsi produk telah dicantumkan detail ukuran baju yang dijual, maka anda tinggal mencocokkan dengan ukuran baju anda. Ukur dulu badan anda agar pas ketika belanja baju online nantinya. Lalu, gimana dong kalau penjual tidak mencatumkan detail ukuran baju dalam deskripsi produk jualan mereka? Bagaimana kita bisa memilih ukuran baju kalau tidak dicantumkan detail ukuran bajunya?

Mudah saja. TANYA! Ya, tanyalah ke penjual mengenai ukuran baju yang mereka jual agar kita bisa memilih ukuran baju yang kita kehendaki. Apakah mereka menggunakan ukuran baju tersendiri, atau bisa jadi, mereka menggunakan ukuran baju luar negeri. Jika mereka menggunakan ukuran baju internasional atau luar negeri, maka kita perlu untuk melakukan konversi ukuran baju internasional tersebut ke ukuran baju Indonesia. Agar kita tidak salah dalam memilih ukuran baju yang mereka juga nantinya.

2. Ukur Tubuh Anda!

tips memilih ukuran baju 1
Baju Pria

Bagaimana bisa kita memilih ukuran baju apabila kita tidak mengetahui ukuran tubuh kita? Oleh karena itu, sebelum memilih ukuran baju ketika belanja online, anda perlu untuk mengukur tubuh anda terlebih dahulu. Mulai dari mengukur lingkar pinggang, lingkar tubuh atau dada, lingkar leher, lebar pundak, dlsb. Hal ini penting agar nanti baju yang anda beli tidak kebesaran atau kekecilan. Sebab, kita sudah mengetahui ukuran baju kita dengan mengukur tubuh kita dan oleh karena itu, kita tinggal memilih ukuran baju yang pas yang dijual oleh penjual online.

3. Mending Kebesaran Daripada Kekecilan!

Sebagian teman, terutama yang hidup di kampung atau pernah hidup di kampung, barangkali saat kecil sering dibelikan baju orang tuanya dan kebesaran. Ada yang begitu? Saya juga kok!

Setelah dipikir-pikir, ternyata memang lebih baik membeli baju yang kebesaran daripada kekecilan. Alasannya? Ya karena kalau kebesaran masih bisa dikecilkan, sedangkan kalau kekecilan tidak bisa dibesarkan.

Kalau baju yang kita beli kebesaran, kita tinggal membawanya saja ke tukang jahit untuk mengecilkannya. Tapi, kalau kekecilan, tentu tukang jahit akan kebingungan untuk membesarkan ukurannya? Belum tentu mereka punya kain yang sama dengan baju yang hendak kita besarkan ukurannya. Selain itu, kalaupun ada kain yang sama dengan baju yang hendak kita besarkan ukurannya, tentu nanti baju yang kita besarkan akan terlihat jelek dan bahkan akan tampak seperti baju bekas karena penuh dengan tambalan!

Jadi, ketika anda memilih ukuran baju ketika belanja online, pilihlah baju dengan satu nomor di atas ukuran baju anda biasanya. Hal ini untuk mengantisipasi, barangkali ukuran yang digunakan oleh penjual bajunya tidak mengikuti standar umum.

4. Pilih yang Bisa Retur!

Terkahir, yang juga tidak kalah penting adalah, carilah toko online yang menyediakan fasilitas pengembalian barang atau retur. Gunanya adalah agar nanti ketika baju yang kita pilih ukurannya kebesaran atau kekecilan, kita bisa mengembalikan dan minta ganti dengan ukuran yang lebih pas!

Kalau bisa sih, cari toko online yang menyediakan pengembalian barang atau retur secara gratis. Agar kita tidak nombok ongkir bolak-balik ketika hendak mengganti ukuran baju yang kita beli.

Nah, itu tadi sedikit tips memilih ukuran baju ketika belanja online dari saya. Semoga bermanfaat yaa!

 

(Yusuf Zihni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *